Kamis, 13 April 2017

CARA MENAMPILKAN DATABASE MYSQL PADA VISUAL BASIC 6.0

                Saya akan membuat tutorial sederhana membuat database dari MYSQL dan Visual Basic
Pertama saya membuat database nya terlebih dahulu di mysql, database ini lah yang akan kita masukan ke dalam visual basic.



           
Setelah saya membuat database. Untuk awal-awal sebelum mengkoneksikannya kita terlebih dahulu menginstal mysql conector odbc 32- bit untuk untuk bisa menghubungkan dari mysql pada visual basic.
Untuk langkah pertama kita harus membuka control panel terlebih dahulu lalu search  administrative tools, lalu pilih  ODBC data source (32-bit)




Lalu setelah itu klik system DSN lalu klik add

Lalu cari yang bertuliskan MySQL ODBC 5.3 ANSI Driver, dan klik untuk membukanya



Lalu akan tampil seperti gambar dibawah ini, lalu isi kan data source sesuai data yang ingin dibuat, lalu isi TCP dengan “localhost”  lalu masukkan user dan password sesuai dengan user dan password mysql yang telah anda buat, pilih database yang telah dibuat di mysql, click Test, jika sukses, maka databasenya sudah terkoneksi.












Setelah itu buka visual basic 6.0 , lalu buatlah form untuk tampilan programnya, untuk formnya, saya membuat 3 form yaitu program input data, main menu, dan profil






            Pada form1 saya menambahkan 8 label , 8 text box, 4 comand, 1 data grid , dan 1 adodc,
Cara menampilkan supaya ada data grid dan adodc di toolbox dengan Click kanan pada toolbox  pilih Components, lalu pilih Microsoft ADO Data Control 6.0 (OLEDB) dan Microsoft Data Grid Control 6.0 (OLEDB). Seperti gambar dibawah ini, Lalu klik OK, dan akan muncul 2 tools baru pada toolbox, yaitu Data dan adodc .


 Lalu klik OK, dan akan muncul 2 tools baru pada toolbox, yaitu Data dan adodc





Selanjutnya, klik kanan pada Adodc1, lalu pilihh ADODC Properties, pilih Use Connection String, pilih Build, lalu akan muncul window baru. Pada tab Provider, pilih Microsoft OLE DB Provider for ODBC Drivers.

Lalu pilih Use data source name, isi data source name sesuai dengan nama database yang telah dibuat di mysql,masukkan username dan password sesuai dengan username dan password yang telah anda buat, lalu pilih database yang telah anda buat di mysql, Test Connection, jika sukses maka sudah berhasil, klik OK.



Selanjutnya pada tab Record Source, di command type, pilih 8-adCmdUnknow, lalu pada command text tuliskan ( select * from ….. ;) isi titik sesuai nama yang anda buat di MySQL, sebagi contoh untuk tabel yang sudah saya buat adalah “ select * from karyawan;” jangan lupa untuk memberikan titik koma pada akhir kalimat. Lalu klik OK



Lalu Klik DataGrid yang telah dibuat, lalu lihat ke project explorer (terletak disebelah kanan), lalu cari DataSource pada tab Alphabetic, lalu pilih Adodc1 agar data yang didalam Data Grid adalah data yang sudah dikoneksikan tadi.


            Lalu saya akan menjelaskan isi kodingan pada  setiap form yang sudah saya buat yang pertama form 2 yang tampilannya ada 2 commandButton yaitu ada PROFIL dan MENU


Gambar dibawah ini adalah codingan pada buttom di form 2 :

Pada command profil, jika tombol PROFIL di klik, maka Form2 akan disembunyikan, dan akan muncul Form3.
Pada command menu, jika tombol MENU di klik, maka Form2 akan disembunyikan, dan akan muncul Form1.


           
            Lalu form 3 saya menambahkan profil diri saya sendiri, dan saya menambahkan 1 command button yaitu tombol OK.

           
            Gambar dibawah ini adalah codingan pada buttom di form 3 :

            Pada commandButton OK , jika tombol Ok di klik maka form 3 akan ditutup dan akan muncul form 2





            Lalu form 1 ada 4 commanButton yaitu Simpan,Update,Hapus, dan End.


Gambar dibawah ini adalah codingan pada buttom di form 1 :


            Pada command 1 yaitu simpan Pada saat buttom SIMPAN di klik, maka data yang telah diisi dalam text box (NIP, Nama, Alamat, Jenis Kelamin, Status Pernikahan, Tunjangan, Gaji, dan Nomor HP) akan langsung masuk kedalam database.
            Pada command 2 yaitu Sebelum buttom UPDATE di klik, anda harus memilih dahulu siapa yang ingin anda ganti datanya, lalu isi data baru didalam text box, jika telah diisi semua, maka baru di klik command UPDATE nya.
            Pada command 3 yaitu command HAPUS, anda akan menghapus 1 data dari data yang telah dibuat, sebelum anda klik command HAPUS anda harus memilih dahulu yang mana yang ingin anda hapus dari data yang telah dibuat, setelah memilih, barulah anda klik buttom HAPUS, maka data yang dipilih akan langsung terhapus.
            Pada command 4 yaitu END, jika buttom END di klik maka tampilan yang ada di form 1 akan keluar.


OUTPUT



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar